Wujudkan Smart City Dan Masyarakat Cakap Digital, Pemerintah Kota Pasuruan Luncurkan Literasi Digital Dan Wifi Gratis

Pasuruan Kota Madinah. Memasuki era revolusi industri 4.0 dan era digital society, dimana semua aktivitas dan kebutuhan masyarakat ditunjang dengan digitalisasi, maka literasi digital bagi masyarakat merupakan hal penting agar tidak tertinggal. Mengingat bahwa literasi digital sangat erat kaitannya dengan kebutuhan penggunaan internet, maka Pemerintah Kota Pasuruan meluncurkan layanan wifi gratis untuk masyarakat pada hari Jumat sore tanggal 4 Juni 2021 dihalaman Radio Ramapati Pasuruan. Acara yang bertajuk “Literasi Digital, Kota Pasuruan Makin Cakap Digital Dan Wifi Gratis Untuk Masyarakat” ini dihadiri oleh Wali Kota  Pasuruan, Saifullah Yusuf (Gus Ipul) beserta ibu, Wakil Wali Kota Pasuruan, Adi Wibowo (Mas Adi) beserta ibu, Wali Kota Sawahlunto Deri Asta beserta ibu, Bupati Magetan beserta jajajran, para Asisten, Staf Ahli, para Kepala Perangkat Daerah Kota Pasuruan, para Camat, para Lurah yang turut hadir secara virtual, Tim LPPL, Dewan Pengawas RRI, dan undangan lainnya terkait.

Selain sebagai wujud komitmen Pemkot Pasuruan dalam mewujudkan program nasional terkait literasi digital nasional dan inisiasi Smart City, peluncuran Wifi Gratis ini juga merupakan bagian dari Program ketiga dari 99 hari kerja Gus Ipul Mas Adi, yakni Penyediaan Wifi Gratis Sarana Pembelajaran Daring. Harapannya dengan adanya wifi gratis ini, masyarakat Kota Pasuruan akan cakap digital karena didukung keterbukaan akses informasi.

Dalam sambutannya, Gus Ipul menyampaikan 4 pilar akselerasi literasi digital yang dapat dijadikan pedoman saat menggunakan internet atau bersosial media. Pertama, digital ethic, masyarakat diharapkan memiliki tata krama. Kedua digital safety, masyarakat diharap lebih menjaga data pribadinya di medsos agar tidak bocor. Ketiga, digital skill, harapannya masyarakat dapat memanfaatkan internet untuk kegiatan produktif. Keempat, digital culture yang perlu disosialisasikan agar masyarakat semakin cakap digital. Lebih lanjut, Gus Ipul menyampaikan agar wifi gratis yang telah terpasang diseluruh Kelurahan, Kecamatan, dan taman-taman yang ada di Kota Pasuruan dapat dimanfaatkan pula untuk proses belajar daring bagi masyarakat yang memerlukan akses internet.

Dalam kesempatan ini, Bupati Magetan dan Wali Kota Sawahlunto yang turut hadir diminta Gus Ipul untuk menyampaikan sedikit sambutan atas diluncurkannya wifi gratis. Sebagaimana disampaikan Bupati Magetan, bahwa peluncuran wifi gratis ini sebagai salah satu jawaban yang diberikan oleh Gus Ipul untuk mengentas kemiskinan karena warga memiliki akses pada keterbukaan informasi. Disambung oleh Wali Kota Sawahlunto bahwa, dalam era teknologi seperti saat ini Pemerintah memiliki tugas untuk memberikan akses internet pada masyarakat untuk memudahkan aktivitas dan Gus Ipul atas nama Pemerintah Kota Pasuruan telah memberikan fasilitas wifi gratis yang akan bermanfaat untuk warga Kota Pasuruan.

Check Also

Banjir Rob Rendam Wilayah Pesisisr Kota Pasuruan

Banjir Rob menggenangi wilayah pesisir di wilayah Dusun Kebonsawah, Dusun Kisik Desa Kalirejo Kraton, Pesisir …