Pematangan Revitalisasi Alun-Alun Kota Pasuruan, Detail Dan Prioritas Pembangunan Dipaparkan Gus Ipul Pada Bappenas Ri

Pasuruan Kota Madinah. Bertempat di Media Command Centre Kota Pasuruan, Wali Kota Pasuruan, Saifullah Yusuf (Gus Ipul) didampingi Wakil Wali Kota Pasuruan, Adi Wibowo (Mas Adi), Asisten Bidang Perekonomian, Asisten Bidang Kesejahteraan Rakyat, para Kepala Perangkat Daerah terkait, dan Tim Bappenas Kota Pasuruan menggelar pertemuan secara virtual bersama Tim Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia (Bappenas RI) pada hari Jumat tanggal 5 Juni 2021. Jalannya pertemuan ini dipandu oleh Deputi Bidang Pengembangan Regional Bappenas RI, Rudy Soeprihadi Prawiradinata didampingi Deputi Bidang Perekonomian, Deputi Bidang Perumahan Rakyat dan Permukiman, Direktur Pariwisata, dan Tim dari Bappenas RI terkait.

Dalam kesempatan ini Gus Ipul menyampaikan detail dan poin dari rencana revitalisasi alun-alun Kota Pasuruan yang secara garis besar, revitalisasi tersebut akan difokuskan pada tiga lokasi penting. Pertama, Gus Ipul ingin menjadikan alun-alun Kota Pasuruan sebagai kawasan yang lebih ramah anak, disabilitas, dan lansia. Pada area alun-alun, Gus Ipul juga akan melakukan pemasangan 9 payung khas Kota Madinah. Kedua, revitalisasi akan difokuskan pada sepanjang Jl. Wahid Hasyim atau Jl. Niaga. Pada poin ini Gus Ipul akan melakukan pelebaran trotoar sebesar 3 meter, melakukan penanaman bunga tabebuya di sepanjang jalan, memasang lampu sebagai penerang sekaligus menambah nilai estetika kota, dan melakukan penataan lokasi Pedagang Kaki Lima (PKL) dan para pengayuh becak religi. Fokus terakhir dari revitalisasi, yakni mempercantik Masjid Jami’ Al Anwar Kota Pasuruan. Hal ini menjadi penting karena tepat di belakang masjid terdapat makam Kiyai Besar Kota Pasuruan yakni, KH. Abdul Hamid (Mbah Hamid) yang ramai dikunjungi wisatawan hingga 1 juta orang per tahun.

Mengingat bahwa wilayah alun-alun merupakan pusat kawasan perdagangan dan jasa di Kota Pasuruan, Gus Ipul dan Tim Bappenas Kota Pasuruan akan segera mengirimkan Detail Enginering Design (DED) sebelum tanggal 21 Juni 2021. Dalam program revitalisasi ini, Gus Ipul mengajukan dana kurang lebih 125 Milyar pada Bappenas RI. Dengan dilakukannya revitalisasi alun-alun Kota Pasuruan; Gus Ipul yakin nantinya dapat dijadikan pengungkit ekonomi masyarakat karena UMKM berkembang seiring meningkatnya jumlah wisatawan. Sebelum berakhir, Gus Ipul juga menyampaikan rencana revitalisasi Pelabuhan Tanjung Tembikar pada Bappenas RI sebagai wisata alternatif sekaligus sebagai salah satu upaya mengembalikan kejayaan pelabuhan di masa lampau.

Check Also

Banjir Rob Rendam Wilayah Pesisisr Kota Pasuruan

Banjir Rob menggenangi wilayah pesisir di wilayah Dusun Kebonsawah, Dusun Kisik Desa Kalirejo Kraton, Pesisir …