Diskominfotik Ikuti Workshop Literasi Digital, Peran KIM Cerdaskan Masyarakat di Era Disrupsi

Dinas Komunikas Informasi Dan Statistik (Diskominfotik) Kota Pasuruan bersama 3 orang perwakilan KIM Kota Pasuruan berkesempatan mengikuti kegiatan Workshop Literasi Digital KIM Jawa Timur Tahun 2022 yang diselenggarakan oleh Dinas Kominfo Provinsi Jawa Timur di Royal Senyiur Hotel, Selasa (22/03/2022).

Literasi digital sudah seharusnya menjadi bagian dari kehidupan masyarakat informasi, seiring dengan berkembangnya penggunaan teknologi informasi dan komunikasi di dunia digital

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur, Hudiyono saat membuka Workshop Literasi Digital bagi Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Jawa Timur.

Literasi digital ini, lanjut Hudiyono, nantinya akan menciptakan sebuah tatanan masyarakat dengan pola pikir yang kritis dan kreatif, sehingga tidak mudah termakan berita hoaks di media sosial.

“Era disrupsi informasi membawa masyarakat kita pada informasi yang hadir dan bisa diakses dari mana saja dan kapan saja. Disinilah peran strategis KIM sebagai mitra pemerintah dalam menguatkan literasi digital di masyarakat,” ujar Hudiyono.

Workshop ini mengusung tema Penguatan Literasi Digital di Era Disrupsi Informasi. Yang mana penguatan literasi digital di era disrupsi informasi ini nantinya diharapkan dapat membuat kehidupan sosial dan budaya masyarakat cenderung aman dan kondusif dan perlu melibatkan peran aktif masyarakat dan pemerintah, baik di tingkat pusat maupun daerah.

“Dengan mengusung tema kali ini Penguatan Literasi Digital di Era Disrupsi Informasi, diharapkan dapat membuat kehidupan sosial dan budaya masyarakat cenderung aman dan kondusif,” jelas Hudiyono

Masyarakat teredukasi dan memiki pemahaman dalam dunia digital yang membuat maayarakat dapat berpartisipasi di era modern saat ini. Literasi digital ini nantinya akan menciptakan sebuah tatanan masyarakat dengan pola pikir dan pandangan – pandangan yang kritis dan kreatif, sehingga tidak mudah termakan berita hoaks berbasis digital.

“Literasi digital ini akan menciptakan tatanan masyarakat yang memiliki pola pikir dan pandangan yang kritis dan kreatif,” katanya

Workshop yang mengambil tema Penguatan Literasi Digital dalam Era Disrupsi Informasi ini menghadirkan beberapa narasumber dari berbagai latar belakang yaitu AKBP Cecep Susetya, Kasubdit Multimedia Bidang Humas Polda Jatim; Arif Rahman, Ketua Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Jatim dan Hesti Amirwulan, pengajar Fakultas Hukum Universitas Surabaya (lut)

Check Also

Keren! Bekas Carrefour Akan Dibuat Rest Area Bernuansa Arafah.

Pemerintah Kota Pasuruan berencana akan membuat rest area bernuansa Arafah di ex.Carefure yang berada di …