Tahap Uji Coba Mal Pelayanan Publik, Wawali: Secara Umum Sarpras Sudah Berjalan Baik.

Dalam upaya menyelenggarakan pelayanan publik yang cepat, mudah, terjangkau, aman dan nyaman, Pemerintah Kota Pasuruan melakukan tahap uji coba untuk Mall Pelayanan Publik (MPP). Wakil Wali Kota Pasuruan beserta para perangkat daerah yang terkait melakukan uji coba untuk melihat sejauh mana persiapan menuju launching.

“Hari ini kita masih tahap uji coba, belum soft launching apalagi launching. Secara umum untuk sarana dan prasarana sudah berjalan dengan baik,” kata Wakil Wali Kota Pasuruan Adi Wibowo (Mas Adi) saat melakukan kunjungan dan memantau kondisi MPP, Senin (25/4/2022).

Menurut Mas Adi uji coba dilakukan untuk mengetahui dan mengidentifikasi kebutuhan-kebutuhannya. Terkait beberapa lama ujicoba ini akan dilakukan Mas Adi menyatakan Kalau beberapa Dinas sudah banyak yang pindah di MPP khusus bagian layanan

“La ini sudah ada yang mulai bedol desa, seperti Dispendukcapil sudah buka layanan disini, untuk beberapa dinas lain ada yang masih menyiapkan insfrastrukturnya,” ujarnya.

Dengan difungsikannya MPP ini menurut Mas Adi selain menyatukan tempat tapi juga menyatukan layanan dan hal ini menjadi salah satu untuk membangun connectivity dengan masing-masing OPD layanan.

“Jadi warga Kota Pasuruan yang membutuhkan layanan sudah bisa dilayani di MPP mulai Hari ini, khususnya layanan dari Dispendukcapil sudah pindah kesini semua,” tambahnya.

Wawali menambahkan perlunya ujicoba ini juga untuk mengindentifikasi semua kebutuhan walaupun semua list sudah ada tapi trial and error itu sangat penting. Seperti menguji aspek jaringannya, listriknya, Pendingin ruangannya dan lain-lainnya.

“Tanpa di uji cobakan dulu, kita kan gak tau kalau ada hal-hal yang tidak berjalan sesuai harapan kita,” ujarnya.

Sudah ada 8 dinas dan 1 perbankan yang sudah ready memberikan pelayanan diantaranya Bank Jatim, Bapenda, DLHKP, DPRKP, DPMPTSP, DPUPR, Disnaker, Dinkes dan Dispenduk Capil.

Menurut Plt. Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Indra Gunawan saat dikonfirmasi menyatakan untuk masa ujicoba ada 8 dinas dan 1 perbankan dan berikutnya juga masih ada 10 instansi lain yang akan mengisi di MPP.

“Untuk Dinas ada 8 dan hari ini masih ada 1 instansi dari Bank Jatim, selanjutnya masih ada 10 instansi lain yang akan mengisi, untuk jam pelayanannya sementara ini dari setengah sembilan sampai jam satu,” terangnya.

Salah satu pengunjung MPP yang sedang mengurus surat pindah dilayanan Dispendukcapil, Candra (32) menyatakan dirinya merasa terbantu dengan adanya MPP ini selain layanannya cepat juga bisa terintegrasi dengan layanan dari OPD lainnya.

“Keberadaan MPP ini sangat memudahkan kita warga Kota Pasuruan dalam hal layanan karena disini sudah terintegrasi,” ungkapnya.

Check Also

PLUT-KUMKM Telah Diresmikan,  Gus Ipul Harap Difungsikan sebagai Pengembangan Koperasi dan UMKM

Pemerintah Kota Pasuruan terus melakukan pembenahan dalam mengembangkan koperasi dan UMKM (Usaha Mikro Kecil dan …