Penganugerahan Kampung Hebat 2023 Kota Pasuruan Sukses Digelar, Gus Ipul Himbau Warga Tingkatkan Aksi Peduli Lingkungan

Salah satu upaya pemerintah kota Pasuruan dalam mengatasi permasalahan lingkungan adalah dengan meningkatkan keterlibatan peran serta masyarakat dalam program Pasuruan Resik yang selalu digaungkan demi terwujudnya Pasuruan Kota Madinah.Malam ini (10/11/2023), serangkaian acara lomba bertemakan lingkungan yang rutin diadakan pemerintah kota Pasuruan setiap tahun memasuki puncaknya.

Penganugerahan pemenang lomba “The Best Kampung Hebat & Lomba Hias Gapura Tahun 2023” digelar meriah di area Taman Kota Pasuruan.Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kebersihan dan Pertamanan Kota Pasuruan, Samsul Rizal menyampaikan, penganugerahan ini bertujuan memberikan apresiasi kepada masyarakat yang telah melakukan upaya untuk mengolah lingkungannya menjadi asri dan bersih. Serta menciptakan semangat gotong royong untuk menciptakan kebersihan lingkungan.

Lanjutnya, penganugerahan ini menyelenggarakan 2 kegiatan yaitu lomba hias gapura yang diikuti 25 kelurahan, dan lomba kampung hebat yang melombakan kembali juara-juara di tahun sebelumnya untuk melihat keberlanjutan kebersihan kampung tersebut dengan peserta sebanyak 24 kelurahan.

“Disini pemerintah kota Pasuruan mengapresiasi kegiatan ini karena dapat memberikan kesempatan kepada setiap kelurahan untuk kreatif dan inovatif. Dan juga mengapresiasi peran serta masyarakat yang berhasil meningkatkan lingkungan mereka menjadi bersih, hijau, asri dan lestari”, ucap Walikota

PasuruanSaifullah Yusuf (Gus Ipul) dalam kesempatan sambutannya.Menurut Gus Ipul, perubahan daerah dipacu seiring adanya pembangunan, salah satunya pengelolaan lingkungan yang bersih, sehat dan asri. Karena itu, ia meminta pengelolaan lingkungan harus dimulai dari cakupan kecil.

“Membangun integritas itu dari hal kecil, jadi mengerjakan sesuatu harus sama ketika dilihat orang lain atau tidak. Kita semua harus berbenah, dimana kemampuan untuk memberikan sesuatu yang berbeda harus menjadi kesadaran kita bersama”, urainya.

Gus Ipul kembali menghimbau untuk tetap menjaga konsistensi dalam pengelolaan lingkungan. Hal ini dilakukan demi menyalakan api semangat kompetisi dalam pelaksanaan lomba di tahun depan khususnya bagi kelurahan yang belum berkesempatan juara.

“Prestasi harus dibuat dengan kerja keras, semuanya melalui proses yang membutuhkan konsentrasi, konsistensi, kedisiplinan, kolaborasi dan kebersamaan. Mari kita mulai dari diri kita agar Pasuruan ini menjadi berbeda”, ajaknya.

Selain memberikan ucapan selamat kepada para pemenang, Gus Ipul mengharapkan adanya sinergitas antara pemerintah kota Pasuruan dan masyarakat agar selalu meningkatkan aksi peduli lingkungan.

“Saya berharap dengan adanya pelaksanaan kegiatan ini akan mampu menciptakan kampung-kampung baru yang berorientasi pada lingkungan sekaligus meningkatkan kesadaran dan kemauan warga dalam upaya pengelolaan lingkungannya. Apa yang sudah dicapai ini harus dijaga, dipertahankan dan dikembangkan”, tutupnya.

Sebanyak 22 kelurahan berhasil membawa pulang hadiah sesuai kategorinya. Dengan rincian sebagai berikut:

Pemenang Kelurahan Berseri Tingkat Kota

Juara 1 Kelurahan Randusari Kecamatan Gadingrejo

Juara 2 Kelurahan Blandongan Kecamatan Bugul Kidul

Juara 3 Kelurahan Trajeng Kecamatan Panggungrejo

Penganugerahan Kelurahan Berseri Tingkat Provinsi Jawa Timur

Kategori Mandiri

Kelurahan Purutrejo Kecamatan Purworejo

Kelurahan Kandangsapi Kecamatan Panggungrejo

Kategori Madya

Kelurahan Sekargadung Kecamatan Purworejo

Kelurahan Bangilan Kecamatan Panggungrejo

Kelurahan Bugul Lor Kecamatan Panggungrejo

Kelurahan Karanganyar Kecamatan Panggungrejo

Kelurahan Petahunan Kecamatan Gadingrejo

Kategori Pratama

Kelurahan Kepel Kecamatan Bugul Kidul

Kelurahan Mayangan Kecamatan Panggungrejo

Pemenang Lomba Hias Gapura

Juara 1 RT 5 RW 1 Kelurahan Kandangsapi

Juara 2 RT 1 RW 4 Kelurahan Tembokrejo

Juara 3 RT 2 RW 1 Kelurahan Petahunan

Harapan 1

RT 2 RW 2 Kelurahan Pekuncen

Harapan 2

RT 1 RW 6 Kelurahan Sekargadung

Pemenang The Best Kampung Hebat

Juara 1 RT 4 RW 2 Kelurahan Pekuncen

Juara 2 RT 1 RW 2 Kelurahan Pohjentrek

Juara 3 RT 5 RW 1 Kelurahan Kandangsapi

Harapan 1 RT 1 RW 2 Kelurahan Mayangan

Harapan 2 RT 8 RW 6 Kelurahan Bugul Kidul. (Dey)

Check Also

Ribuan Bansos Diserahkan, Gus Ipul : Manfaatkan Untuk Kebutuhan Pokok

Pemerintah Kota Pasuruan melalui Dinas Sosial kembali menyalurkan bantuan sosial uang tunai kepada ribuan Keluarga …