Bagikan 3000 Porsi Ikan, Ketua Forikan Ajak Masyarakat Gemar Makan Ikan

Hari Ikan Nasional, yang jatuh pada tanggal 21 November, Pemerintah Kota Pasuruan memperingatinya dengan menggelar festival yang bertajuk “FISHTIVAL KULINER” dengan tujuan untuk mensosialisasikan kepada masyarakat luas tentang manfaat makan ikan.

Festival ini dibuka langsung oleh Dra. Hj. Fatma Saifullah Yusuf (Fatma) selaku Ketua Forikan Kota Pasuruan pada Minggu, (12/11/23) bertempat di GOR Kota Pasuruan.

Acara dimulai ditandai dengan masyarakat menukarkan kupon yang disediakan panitia sebanyak 3000 porsi, nantinya dilakukan makan ikan secara bersama-sama.

Dra. Hj. Fatma Saifullah Yusuf (Fatma) selaku Ketua Forikan Kota Pasuruan mengajak masyarakat agar turut serta meningkatkan konsumsi ikan guna dukung pertumbuhan anak.

“Ikan tidak hanya lezat, namun juga kaya akan manfaat dan nutrisi, terutama bagi kesehatan kita semua,” kata fatma

Menurutnya, Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (GEMARIKAN) khususnya di Kota Pasuruan perlu di dukung dan disukseskan bersama-sama. salah satunya melalui jargon “Ayo Mancing” (Makan Ikan Cegah Stunting).

“Melalui gerakan ini diharapkan masyarakat sadar tentang pentingnya makan ikan dan gemar mengkonsumsi ikan yang aman, sehat dan bergizi, agar anak-anak generasi emas bangsa ini menjadi anak-anak yang sehat, kuat dan cerdas,” ujar Fatma

Fatma juga sampaikan melalui kegiatan ini diharapkan masyarakat bisa semakin tahu dan semakin sadar tentang pentingnya makan ikan, kedepannya ikan bisa menjadi menu utama di meja makan.

“Kedepannya diharapkan ikan bisa menjadi menu wajib di meja makan. Baik olahan ikan air tawar atau ikan air laut karena kandungan gizinya sama-sama baiknya,” jelas Fatma

Melalui data, fatma memaparkan tahun 2021 angka konsumsi ikan sebesar 43.64 kg per kapita per tahun dan meningkat 13, 4 % di tahun 2022 menjadi 49.48 kg per kapita per tahun.

“Angka tersebut harus terus ditingkatkan karena masih jauh dari angka konsumsi ikan nasional. Dimana pada tahun 2022 sebesar 55,37 kg per kapita per tahun,” paparnya

Di akhir acara juga dilakukan cooking class dengan tujuan untuk kampanyekan gemar makan dengan mengelola ikan menjadi berbagai menu lainnya. Festival ini langsung dihadiri juga oleh Ani Adi Wibowo Wakil Ketua 1 TP PKK Kota Pasuruan, Kepala Dinas Perikanan Mualif Arif, Kepala OPD terkait, Camat, dan Lurah di lingkup Pemerintah Kota Pasuruan, Kepala Dinas Perikanan Provinsi Jawa Timur, pengurus Forikan Kota Pasuruan. (lut)

Check Also

Ribuan Bansos Diserahkan, Gus Ipul : Manfaatkan Untuk Kebutuhan Pokok

Pemerintah Kota Pasuruan melalui Dinas Sosial kembali menyalurkan bantuan sosial uang tunai kepada ribuan Keluarga …