Resmi Dikukuhkan, Komite Ekonomi Kreatif Diharapkan Dapat Terus Berinovasi

Komite Ekonomi Kreatif Kota Pasuruan diminta untuk terus mengedepankan kreativitas. Mereka didorong untuk terus menciptakan inovasi guna membangkitkan perekonomian masyarakat ditengah pertumbuhan media-media baru di era digital yang semakin pesat. 

Hal itu disampaikan oleh Walikota Pasuruan Drs. H. Saifullah Yusuf (Gus Ipul), usai mengukuhkan kepengurusan di Komite Ekonomi kreatif Kota Pasuruan, di Warung Lestari, Jumat (23/11/2023) siang. 

“Yang pertama harus kreatif adalah komite ekonomi kreatifnya. Saya titipkan betul hal ini untuk terus melakukan inovasi-inovasi didalamnya,” ucap Gus Ipul

Perwujudan visi misi Pasuruan Kota Madinah, kata Gus Ipul, termasuk dalam cita-cita untuk menjadikan kota yang kreatif. Menurutnya, yang disebut maju ekonominya itu diantaranya ditopang oleh industri kreatif. 

“Ini yang saat ini menjadi perhatian pemerintah, agar ekonomi kreatif berkembang mengiringi kemajuan Kota Pasuruan,” ujar Gus Ipul

Diakui, peran komite ekonomi kreatif sangat diperlukan untuk dapat menggugah ide-ide ekonomi kreatif dan inovatif. Terlebih, dengan potensi yang dimiliki oleh Kota Pasuruan.

“Saya ingin para komite ekonomi kreatif dapat turut menggerakkan dan mendorong adik-adik kita khususnya kaum milenial dan generasi z untuk turut yang saat ini mendominasi,” ungkapnya

Ditambahkan, dalam pengembangan ekonomi kreatif, Gus Ipul meminta untuk mulai berancang-ancang menyusun peta jalan (roadmap) pengembangan ekonomi kreatif.

“Roadmap yang telah disusun diharapkan dapat menjadi panduan bagi para pelaku industri kreatif di Kota Pasuruan untuk bisa menjalankan usahanya dengan lebih baik,” ujarnya.

Gus Ipul juga meminta para Kepala Perangkat Daerah untuk bersama-sama memberikan peran dalam pengembangan ekonomi kreatif di Kota Pasuruan.

“Saya harapkan para OPD bisa berperan di sisi mana saja dalam mendorong industri kreatif di Kota Pasuruan. Peran serta dari berbagai pihak dibutuhkan agar dapat meningkatkan potensi daerah,” kata Gus Ipul

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga Kota Pasuruan H Basuki SE menyampaikan pengukuhan komite ekonomi kreatif ini bertujuan untuk mendorong pembangunan ekonomi di Kota Pasuruan dengan melakukan pengembangan pada kegiatan ekonomi kreatif sebagai sektor yang potensial dalam memberikan dampak bagi perkembangan ekonomi.

“Oleh karena itu, perlu dibentuk komite ekonomi kreatif sebagai wadah yg mampu menjembatani dan memfasilitasi sebagai pemangku ekonomi kreatif di Kota Pasuruan,” ujar Basuki

Turut hadir dalam kegiatan ini Wakil Wali Kota Pasuruan, Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga Kota Pasuruan, Kepala Perangkat Daerah terkait, Camat, serta Lurah di Lingkungan Pemerintah Kota Pasuruan.

Check Also

Budi Doremi Meriahkan Gelaran Event Peresmian Gedung PLUT-KUMKM Kota Pasuruan

Dalam rangka memeriahkan peresmian gedung PLUT-KUMKM (Pusat Layanan Usaha Terpadu Koperasi Usaha Mikro, Kecil dan …