Kesuksesan Revitalisasi Alun-Alun Kota Pasuruan Berhasil Sabet detikJatim Awards 2023

Prestasi Pemerintah Kota Pasuruan masih terus dituai. Kali ini pemkot Pasuruan berhasil menyabet penghargaan Anugerah Program Inovasi Pembangunan Terpuji Kategori Optimalisasi Ruang Publik dari detikJatim Awards 2023.

Diketahui, detikJatim Awards 2023 merupakan apresiasi untuk lebih dari 30 institusi, entitas bisnis, tokoh teladan, hingga komunitas. Penghargaan diberikan kepada mereka yang inspiratif, inovatif, kreatif, dan berprestasi, maupun memberikan dampak kepada masyarakat di Jawa Timur.

Pemkot Pasuruan di bawah kepemimpinan Walikota Saifullah Yusuf (Gus Ipul) terus mengejar implementasi program Indah Kotanya dengan merevitalisasi kawasan alun-alun kota Pasuruan.

Revitalisasi alun-alun merupakan wujud penataan ruang publik dan dalam hal ini pemkot Pasuruan telah berhasil serta terus berkomitmen menata kawasan alun-alun menjadi hijau, nyaman dan ramah untuk kalangan anak, lansia serta difabel.

Meskipun Gus Ipul berhalangan hadir secara langsung, penerima penghargaan ini diwakilkan kepada Kadis Kominfotik Kota Pasuruan, Imam Subekti.

“Kita merasa senang dan bersyukur atas penerimaan penghargaan ini. Langkah selanjutnya kita akan berupaya keras untuk mewujudkan dan mengoptimalisasikan ruang publik dengan menyediakan layanan internet gratis sampai ke titik RW se-kota Pasuruan”, ucap Imam setelah menerima penghargaan di Hotel Singhasari Kota Batu, Senin (27/11/2023).

Penataan kawasan alun-alun juga berpengaruh ke wisata religi makam KH Abdul Hamid. Dengan meningkatnya kunjungan wisatawan akan berdampak pada peningkatan omzet PKL di sekitar alun-alun.

“Yang akan dilakukan ke depan dengan kondisi ini yaitu mengembangkan inovasi dan kolaborasi dengan mitra terkait khususnya penekanan dari pemanfaatan internet gratis yang sudah kita kembangkan untuk kepentingan dari segala bidang”, imbuh Imam.

Ajang detikJatim Awards 2023 ini memberikan lima penghargaan diantaranya Anugerah Komunitas Penggerak Terdepan, Anugerah Program Bisnis Terpuji, serta Anugerah Figur Akselerator Pembangunan. Juga akan diberikan Anugerah Inovasi Pembangunan Terpuji dan Anugerah Program Ekonomi Terpuji.

Sejumlah tokoh penting tampak ikut menjadi penerima penghargaan ini, mulai dari Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Kadishub dan Kadis ESDN Provinsi Jawa Timur, Bupati Sumenep, Bupati Trenggalek, Wakil Bupati Kediri, Pj Walikota Batu, Bupati Probolinggo, Bupati Bojonegoro, Bupati Jember, Bupati Banyuwangi, Bupati Blitar, Walikota Surabaya, Walikota Mojokerto, Walikota Malang, dan masih banyak lagi tokoh berprestasi lainnya.

Gelaran kali pertama ini dimeriahkan performa dahsyat penyanyi dangdut Nassar yang berhasil menggoyang seluruh hadirin. Tampak Nassar juga berduet dengan sejumlah kepala daerah. (Dey)

Check Also

Ribuan Bansos Diserahkan, Gus Ipul : Manfaatkan Untuk Kebutuhan Pokok

Pemerintah Kota Pasuruan melalui Dinas Sosial kembali menyalurkan bantuan sosial uang tunai kepada ribuan Keluarga …