Ada “Siap Pak RT”,  Ketua RT Kini Bisa Lapor Data Kependudukan Lewat HP Setiap Saat

Pasuruan Kota Madinah-Inovasi melalui digitalisasi layanan terus dilakukan oleh Pemerintah Kota Pasuruan. Terbaru, melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Pemkot Pasuruan merancang Aplikasi Sistem Informasi Administrasi Kependudukan khusus untuk Rukun Tetangga (RT). Aplikasi yang nantinya akan digunakan oleh para ketua RT di Kota Pasuruan tersebut bernama Siap Pak RT. Launching aplikasi yang dapat digunakan melalui smartphone android tersebut dilakukan oleh Walikota Pasuruan, Drs. H. Saifullah Yusuf (Gus Ipul) di pendopo kelurahan Pekuncen, Kecamatan Panggungrejo, pada Rabu Pagi (13/7/22)

Aplikasi Siap Pak RT merupakan inovasi untuk optimalisasi pelaporan mobilitas dan beberapa urusan kependudukan hingga ke tingkat RT. Lebih jauh, adanya aplikasi ini juga bertujuan untuk mencapai tercapainya kevalidan data kependudukan bagi masyarakat Kota Pasuruan.

Gus Ipul dalam sambutannya pagi itu menyatakan bahwa aplikasi Siap Pak RT dapat memudahkan tugas para Ketua RT  dalam “mendeteksi” warganya. Hadirnya aplikasi ini juga sebagai peningkatan layanan dalam memfasilitasi masyarakat yang menginginkan layanan kependudukan dari RT setiap saat.

“Banyak masyarakat yang karena kesibukannya masing-masing akhirnya meminta pelayanan kepada ketua RT dan RW di malam hari karena siang harinya bekerja. Sebaliknya ada suatu kelompok masyarakat yang karena waktu pekerjaannya, hanya punya waktu mengakses layanan pagi hari. Adanya aplikasi ini untuk menyesuaikan kondisi tersebut dengan memanfatkan teknologi”, urai Gus Ipul

Digitalisasi layanan bagi masyarakat menurut Gus Ipul merupakan suatu keharusan yang mau tidak mau dilakukan oleh pemerintah, baik pusat maupun daerah dan bahkan sudah terlebih dahulu diterapkan di negara lain. Disamping itu, menurut Gus Ipul layanan yang baik adalah yang mengurangi interaksi langsung antar manusia kecuali layanan tertentu yang tidak bisa digantikan oleh teknologi.

“Layanan yang baik adalah layanan yang memanfaatkan perkembangan teknologi dan mengurangi interaksi langsung antar manusia, terutama layanan pemerintah yang diakses langsung oleh masyarakat. Harus dikombinasi dengan kemajuan teknologi ” ucap Gus Ipul

Lebih lanjut Gus Ipul juga menjelaskan Aplikasi Siap Pak RT sangat informatif. Ketua RT yang nantinya akan menjadi pengguna aplikasi tersebut dapat melihat data warganya dari smartphone miliknya.

“Jumlah warganya berapa, usianya berapa akan terlihat semua dari aplikasi ini. Tentunya akan memudahkan Pak RT untuk mengontrol dan membina warganya dalam rangka melayani penduduk di lingkungan RT tersebut” kata Gus Ipul

Walikota menyebut aplikasi ini sangat berguna salah satunya untuk mengawasi keberadaan orang asing yang tidak melaporkan data dirinya apabila datang dan tinggal di suatu daerah. Misalnya warga luar kota yang mengontrak rumah atau tinggal di daerah kos-kosan.

“Ini untuk memastikan bahwa orang yang tinggal di lingkungan kita teridentifikasi data kependudukannya”, jelasnya

Gus Ipul menghimbau agar sosialisasi aplikasi ini terus dilakukan secara masif kepada seluruh ketua RT di Kota Pasuruan.

“Mohon untuk terus disosialisasikan penggunaan aplikasi ini agar dapat digunakan oleh seluruh ketua RT di Kota Pasuruan”, pungkasnya (hly)

Check Also

Budi Doremi Meriahkan Gelaran Event Peresmian Gedung PLUT-KUMKM Kota Pasuruan

Dalam rangka memeriahkan peresmian gedung PLUT-KUMKM (Pusat Layanan Usaha Terpadu Koperasi Usaha Mikro, Kecil dan …