Tingkatkan Pengetahuan dan Keterampilan KIM, Diskominfotik Gelar Pembinaan KIM

Dinas Komunikasi Informasi dan Statistik (Diskominfotik) mengadakan Pembinaan  Blog bagi Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) guna meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan anggota KIM dalam pengelolaan blog sebagai media informasi. Rabu (19/10/22)

Dalam sambutanya, Imam Subekti selaku Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Kota Pasuruan menyebutkan bahwa keberadaan KIM sebagai penyalur informasi kepada masyarakat menjadi salah satu pilar penting yang mampu mendukung Kota Pasuruan dalam mewujudkan Smart City. KIM memiliki peran strategis khususnya dalam upaya penyerapan dan penyebaran informasi.

“Keberadaan KIM mampu mendukung Kota Pasuruan menjadi kota yang cerdas karena KIM memegang satu pilar penting yaitu Smart Society dimana KIM adalah sekelompok masyarakat yang memiliki fungsi untuk memberikan dan menyampaikan segala macam informasi kepada masyarakat setempat,” Jelas Imam.

Tantangan yang perlu dihadapi saat ini adalah upaya-upaya yang perlu dilakukan agar informasi yang disampaikan oleh KIM mampu diterima dan disukai oleh masyarakat. Mengemas informasi dengan cara yang menarik dengan memanfaatkan teknologi yang ada menjadi salah satu cara yang perlu dilakukan.

“Seperti yang telah kita ketahui bahwa saat ini masyarakat kurang tertarik dengan hal-hal yang berkaitan dengan pemerintah. Yang menjadi tantangan saat ini yaitu mencari cara agar blog atau  berita yang disampaikan bisa diterima dan disukai oleh masyarakat,” Kata Imam.

Dengan adanya pembinaan ini bertujuan untuk mengembangkan dan memberdayakan KIM dalam memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi. Dalam pembinaan ini peserta KIM dibekali pengetahuan bagaimana mengolah dan menyusun informasi menjadi sebuah informasi yang menarik dan berkualitas untuk ditampilkan di laman blog maupun sosial media lainnya.

“Momen Pembinaan Blog ini perlu kita manfaatkan bersama untuk mengetahui bagaimana cara mengolah dan menyusun informasi sehingga masyarakat tertarik dengan konten-konten yang kita buat”  Ujarnya.

Untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) anggota KIM, Imam juga menyampaikan bahwa pembinaan KIM ini perlu untuk terus dilakukan.

“Kita perlu untuk terus memberikan pembinaan kepada KIM. Jika perlu, agendakan kegiatan outdoor. Kita berupaya untuk memberikan motivasi kepada KIM, dengan harapan KIM mampu lebih berkualitas dalam menyampaikan informasi.” Pungkasnya.

Pada kesempatan tersebut, peserta KIM mendapatkan materi perihal pentingnya Blog untuk KIM dan pembuatn konten video dari direktur Wartabromo dan juga founder seputar pasuruan. (afi/lut)

Check Also

Optimalkan Potensi Wisata Heritage dan UMKM Olahan Bandeng, Diskominfotik-Wartawan Studi Banding ke Pemkot Semarang

Sebagai kota yang pernah berjaya di masa kolonial, Kota Pasuruan banyak memiliki warisan situs bersejarah …