Ungguli Kota Malang dan Kota Kediri, Pemkot Pasuruan Terbaik Dalam Perencanaan Pembangunan Daerah

Belum genap empat bulan tahun 2023 berjalan, sederet prestasi telah diraih oleh Pemerintah Kota Pasuruan. Terbaru, Pemkot Pasuruan meraih penghargaan kota dengan perencanaan pembangunan terbaik. Pemkot Pasuruan meraih terbaik pertama, unggul dari Kota Malang di posisi runner up dan Kota Kediri di posisi ketiga.

Penghargaan perencanaan pembangunan daerah ini diserahkan langsung oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa kepada Wakil Walikota Pasuruan, Adi Wibowo atau yang akrab disapa Mas Adi pada pembukaan Musrenbang RKPD Provinsi Jawa Timur Tahun 2024 yang digelar di Shangri La Hotel Surabaya, Kamis (13/4) siang.

Perencanaan Pembangunan yang baik akan mampu menjamin terlaksananya pembangunan yang menyeluruh terarah dan terpadu. Perencanaan tersebut harus disesuaikan dengan tujuan yang ingin dicapai agar apa yang hendak dilaksanakan benar-benar dapat terwujud dengan baik. Penghargaan yang diraih oleh Pemkot Pasuruan menjadi bukti bahwa pembangunan di Kota Pasuruan telah berjalan sesuai dengan asas perencanaan yang baik yang bertujuan agar hasil pembangunan nantinya dapat dirasakan manfaatnya oleh seluruh masyarakat Kota Pasuruan

Pada pembukaan Musrenbang RKPD Provinsi Jawa Timur Tahun 2024 ini, Gubernur Khofifah menyampaikan bahwa tujuan dilaksanakannya musrenbang adalah membangun sinergitas dan kolaborasi yang selanjutnya akan di breakdown menjadi RKPD dan nantinya akan melahirkan RAPBD 2024. Adapun tema RKPD Jatim di tahun 2024 mendatang adalah Peningkatan Sumber Daya Manusia dan Percepatan Pemulihan Ekonomi melalui tranformasi ekonomi insklusif menuju masyarakat Jawa Timur yang adil, sejahtera, unggul, dan berakhlak.

Ia juga menyampaikan bahwa Jawa Timur saat ini menjadi salah satu tulang punggung perekonomian nasional. Hal ini berkaitan dengan pertumbuhan ekonomi provinsi di ujung timur pulau Jawa ini yang terus meroket.

“Setelah DKI Jakarta, kita (Jawa Timur) adalah penopang ekonomi nasional. Terlebih pertumbuhan ekonomi kita di tengah pemulihan ekonomi pasca pandemi Covid-19 yang begitu cepat, mampu menjadikan kita sebagai lokomotif pertumbuhan ekonomi di Indonesia” ujar Khofifah.

Terkait dengan isu inflasi, dirinya sangat gembira bahwa kondisi inflasi di wilayah yang dipimpinnya menunjukkan tren pengendalian yang positif. Ia menyebut iklim investasi di Jatim juga membawa dampak positif bagi kesejahteraan masyarakat.

“Jawa Timur menjadi daerah yang tertinggi dalam menurunkan kemiskinan pada periode Maret sampai dengan September 2022” kata Gubernur yang disambut tepuk tangan meriah para Walikota dan Bupati yang hadir.

Beberapa capaian apik juga dipaparkan secara rinci oleh Khofifah didepan para kepala daerah. Ia berharap prestasi demi prestasi akan terus diraih Jawa Timur dengan kerjasama yang kuat dari berbagai pihak.

“Berkat kerja keras,kesejahteraan dan kemakmuran Insya Allah akan diperoleh masyarakat Jawa Timur”, pungkasnya.

Check Also

Mas Adi : Pemkot Pasuruan Komitmen Wujudkan 100% ODF

Wakil Wali Kota Pasuruan, Adi Wibowo, S.TP., M.Si menyampaikan pemerintah Kota Pasuruan berkomitmen  dalam mewujudkan …