Pelabuhan Kota Pasuruan Tempat Ngabuburit Terfavorit Selama Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan hanya ada sekali selama satu tahun yang selalu di nanti oleh umat muslim. Dimana selama bulan puasa ini banyak sekali aktivitas ibadah seperti tadarus, sholat tarawih, sedekah dan masih banyak lagi. Tidak hanya itu, di tengah masyarakat Kota Pasuruan terdapat berbagai aktivitas lain yang rutin dilaksanakan salah satunya Ngabuburit.

Kata Katangabuburit sebenarnya berasal dari bahasa Sunda, burit, yang berarti sore atau petang. Ini dapat diartikan, menunggu sore atau mengisi waktu hingga sore tiba. Pemakaiannya sebenarnya umum saja.

Kegiatan ngabuburit dapat berupa banyak hal, seperti jalan-jalan, bermain, bercengkerama, mencari takjil gratis, mendatangi pasar kuliner atau menghabiskan waktu di taman.

Di Kota Pasuruan sendiri banyak sekali tempat buat ngabuburit selama bulan puasa, misalnya di beberapa taman yang tersebar di Kota Pasuruan, pasar takjil, alun² dan payung madinah dan masih banyak lainnya.

Diantara beberapa lokasi ngabuburit yang ada di Kota Pasuruan yang paling rame dan masih menjadi favorit untuk dikunjungi adalah pelabuhan Kota Pasuruan.

Dari pantauan tim ramapati, Minggu (17/03/2024) sekitar pukul 15.30 WIB. Tampak beberapa pedagang kaki lima (PKL) sudah mulai membuka dagangannya sepanjang jalan mulai pintu masuk sampai ujung utara. Baik yang jualan minuman berupa kopi, es, jajanan, seblak, angkringan juga sudah standby.

Sementara mereka yang ngabuburit duduk di atas sepeda disepanjang pantai dan yang lain duduk di trotoar sambil menikmati suasana pelabuhan. Semakin sore warga yang datang terus bertambah, mereka kebanyakan menggunakan sepeda motor beramai- ramai yang didominasi oleh anak- anak muda.

Selain menikmati suasana pantai sambil menunggu adzan magrib, pengunjung juga bisa menikmati wahana mainan anak dan juga hiburan live musik.

Untuk yang mau berbuka puasa di sana juga sudah tersedia makanan dan minuman serta jajanan yang bisa di pesan. Tentu semuanya bisa dinikmati kalau anda bawa uang, makanya kalau mau ngabuburit di pelabuhan jangan sampai tidak bawa uang ya.

Check Also

Budi Doremi Meriahkan Gelaran Event Peresmian Gedung PLUT-KUMKM Kota Pasuruan

Dalam rangka memeriahkan peresmian gedung PLUT-KUMKM (Pusat Layanan Usaha Terpadu Koperasi Usaha Mikro, Kecil dan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *