Pemkot Pasuruan Meriahkan Ramadhan dengan Festival Padang Bulan

Pemerintah Kota Pasuruan menggelar Festival Padang Bulan dalam rangka menyongsong Hari Raya Idul Fitri 1444 H di GOR Untung Suropati, Kota Pasuruan, Sabtu (16/04/2023). Kegiatan ini merupakan kolaborasi Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Pasuruan, Bagian Kesra Kota Pasuruan dengan Kementeria Agama Kota Pasuruan.

Festival ini dibuka langsung oleh Wali Kota Pasuruan Saifullah Yusuf (Gus Ipul) yang diawali dengan santunan anak yatim. Kemudian dilanjutkan persembahan tarian terbang bandung, dan marching band yang membawakan lagu MARS MTQ dan lagu Resik-Resik.

Pada kesempatan ini, Gus Ipul mengatakan ucapan terimakasih kepada seluruh pihak terutama Kemenag, Dispora, dan Bagian Kesra Kota Pasuruan yang sudah berkolaborasi, dan ini merupakan pertama kalinnya Kemenag Kota Pasuruan berkolaborasi dengan pemerintah Kota Pasuruan.

“Alhamdulillah malam ini kita bisa menyelenggarakan Festival Padang Bulan, dan mudah-mudahan malam ini kita sema bisa berbahagia. Berbagahagia atas dasar rahmat Allah SWT,” ujar Gus Ipul

Ia juga menyampaikan bahwa sebagai umat Nabi Muhammad SAW kita harus berbahagia karena itu menjadi salah satu sebab kita akan berkumpul di surga.

Untuk menambah suasana khusyuk, peserta dan para undangan diajak bersama-sama membaca asmaul husna sholawat dan dzikir. Serta juga pembacaan ayat suci Al-Quran.

Yang berbeda dengan acara ini adalah peserta yang hadir sebagian besar merupakan siswa MTSN dan MAN di lingkungan pemerintah Kota Pasuruan. Pertujunkkan-pertunjukkan yang ditampilkan juga merupakan dari siswa-siswi MIN, MTSN dan MAN Kota Pasuruan.

“Kolaborasi ini dimaksudkan bersama-bersama membuat sebuah kegiatan dari talenta-talenta yang dimiliki oleh Kota Pasuruan dari Madrasah dan sanggar-sanggar kesenian ditunjukkan untuk membuat sesuatu untuk jadi inspirasi kita semua. Mudah-mudahan kerjasama ini bisa berlanjut, lebih-lebih bulan September kita menjadi tuan Rumah MTQ Jawa Timur.” Imbuhnya

Lebih lanjut, ia mengajak kepada seluruah undangan dan peserta yang hadir bahwa bersama-sama menjadikan acara MTQ Jawa Timur sebagai momentum untuk menunjukkan bahwa Kota Pasuruan menjadi Kota yang semakin maju, maju ekonominya, indah kotanya dan harmoni warganya.

“Saya mengejak pada kesempatan baik ini, untuk dibantu menciptakan Kota Pasuran bersih, Kota Pasuruan tertib dan nyaman untuk para pengunjung yang datang di Kota Pasuruan, “ pungkasnya

Gus Ipul juga menyampaikan disisa masa jabatanya dengan Mas Adi ini, iya akan berusaha dan tentunya bekerjasama dengan Ketua DPRD serta Sekretaris Daerah Kota Pasuruan untuk membuat Kota Pasuruan menjadi Kota yang berbeda, Kota yang bisa mengejar ketertinggalan seperti Kota Malang dan Kota Surabaya.

“Alhamdulillah kita punya payung madinah. Boleh Malang dan Surabaya lebih maju, tapi Surabaya dan Malang tidak memiliki payung madinah, untuk itu saya ucapkan terimakasih dan minta maaf jika ada yang tidak berkenan” pungkasnya.

 Acara ini juga dimeriahkan dengan pemberian hadiah kepada Lailatul Amelia juara MTQ tingkat Nasional cabang tilawah anak putri dan Muhammad Lutfi Irhami juara harapan tiga cabang kaligrafu hiasan mushaf pada tahun 2022.(fit)

Check Also

Ribuan Bansos Diserahkan, Gus Ipul : Manfaatkan Untuk Kebutuhan Pokok

Pemerintah Kota Pasuruan melalui Dinas Sosial kembali menyalurkan bantuan sosial uang tunai kepada ribuan Keluarga …