16 Bangunan Kota Pasuruan Terima SK Cagar Budaya

Terdapat 16 benda, struktur dan bangunan yang berlokasi di wilayah Kota Pasuruan ditetapkan sebagai cagar budaya. Penetapan status cagar budaya ini melalui kajian dan penilaian dari Tim Ahli Cagar Budaya Kota Pasuruan.

Cagar budaya adalah wujud pemikiran dan perilaku kehidupan manusia yang sudah terlaksana sejak dulu dan menjadi sejarah. Karenanya apabila kita melestarikan budaya dan sejarah, hal tersebut sebagai wujud upaya penghargaan untuk para leluhur bangsa, khususnya  para leluhur yang menelurkan budaya dan sejarah di Kota Pasuruan.

Tujuan dari penetapan cagar budaya adalah upaya awal dari perlindungan terhadap benda, bangunan dan struktur yang memiliki nilai penting sejarah, pendidikan, agama, dan kebudayaan bagi kabupaten agar tidak hilang, rusak dan/ atau musnah karena faktor alam dan manusia sehingga berakibat tidak bisa diwariskan kepada generasi selanjutnya.

Melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dispendikbud) Kota Pasuruan di Bidang Kebudayaan, ada sekitar 30 obyek tapi yang sudah dinyatakan cagar budaya setelah melalui proses kajian dari Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) dan juga ditetapkan melalui SK Wali Kota Pasuruan berjumlah 16 obyek.

Bidang Kebudayaan pada Dispendikbud Kota Pasuruan menyatakan, sampai saat ini cagar budaya yang sudah mendapatkan SK Wali Kota Pasuruan berjumlah 16 cagar budaya dari sekitar 30 Objek yang diduga Cagar Budaya (ODCB).

Ke 16 cagar budaya yang sudah mendapatkan SK tersebut diantaranya: Gedung Pancasila, Gereja St. Antonius Padova, Gedung Woloe, Klenteng Tjoe Tiek Kiong, Rumah Darussalam, Gedung Harmonie, Stasiun Kota Pasuruan, Markas Yon Zipur 10, P3GI, Alun-Alun Kota Pasuruan, Taman Kota Pasuruan, SDN Pekuncen, Rumah Dinas Wakil Walikota, Kompi Bantuan Yon Zipur, Gereja GPIB PNIEL, SMPN2 Kota Pasuruan.

Dengan pemberian SK Cagar Budaya ini tentunya memberikan kepastian status hukum bagi bangunan cagar budaya, kesenian maupun kearifan-kearifan lokal untuk budaya di Kota Pasuruan.

Check Also

Ribuan Bansos Diserahkan, Gus Ipul : Manfaatkan Untuk Kebutuhan Pokok

Pemerintah Kota Pasuruan melalui Dinas Sosial kembali menyalurkan bantuan sosial uang tunai kepada ribuan Keluarga …