Pertama Kali, Pemkot Pasuruan Gelar Festival  Elingpiade 2023

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pasuruan bersama Harian Disway menyelenggarakan festival permainan tradisional yang bertajuk “Elingpiade”. Festival ini diselenggarakan untuk memeriahkan rangkaian Hari Pendidikan Nasional yang lokasinya di halaman GOR Untung Suropati, Pasuruan pada Minggu, (28/05/23) pagi.

Elingpiade 2023 dibuka pada pukul 07.00 WIB oleh Wali Kota Pasuruan H. Saifullah Yusuf (Gus Ipul) dan founder Harian Disway Dahlan Iskan.

“Pagi hari ini kita mendapatkan kesempatan yang luar  biasa dengan hadirnya Bapak Dahlan Iskan dan rombongan”, kata Gus Ipul saat membuka acara

Gus Ipul juga menyampaikan Bapak Dahlan Iskan merupakan tokoh bagi warga Kota Pasuruan khususnya warga Jawa Timur. Tokoh yang sudah membangun media Jawa Pos dan Harian Disway.

“Bapak Dahlan ini merupakan Tokoh inspirasi bagi kita semua, yang mana telah menghasilkan karya berupa tulisan yang isinya selalu mengedukasi dan menginspirasi bagi pembacanya”, imbuh Gus Ipul

Tak banyak yang disampaikan oleh Gus Ipul, mengingat festival ini diikuti 1.000 siswa SD/MI dan SMP/MTS se-Kota Pasuruan yang sangat antusian sehingga lomba elingpiade ini langsung dimulai.

“Mari kita langsung mulai saja, mengingat adik-adik kit aini sudah siap semua untuk mengikuti lomba ini, tetap semangat dan semoga menang”, tutup Gus Ipul

Dimulainya lomba elingpiade ini ditandai dengan salam kawitan, Salam Kawitan (salam awalan) adalah hompimpa. Yang biasanya dilakukan saat akan memulai permainan. Jika sudah melakukan salam kawitan, maka permainan resmi dimulai.

Selanjutnya semua pemain menyanyikan tembang Cublek-Cublek Suweng dan Dingklik Ogal-Agil.

Event ini juga dihadri oleh Bapak Dahlan Iskan beserta Ibu Dahlan Iskan, Wakil Walikota Pasuruan Adi Wibowo dan Ibu Ani Wibowo dan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pasuruan.

Sekedar informasi Elingpiade adalah singkatan dari eling-eling permainane dewe. Atau ingat-ingat permainannya sendiri. Digeber untuk mengakrabkan kembali anak-anak dengan permainan tradisional (lut).

Check Also

Optimalkan Potensi Wisata Heritage dan UMKM Olahan Bandeng, Diskominfotik-Wartawan Studi Banding ke Pemkot Semarang

Sebagai kota yang pernah berjaya di masa kolonial, Kota Pasuruan banyak memiliki warisan situs bersejarah …