Jalan Sehat dan Pawai Mobil Hias Meriahkan Hari Disabilitas Internasional di Kota Pasuruan

Dalam rangka memeriahkan peringatan Hari Disabilitas Internasional di Kota Pasuruan, Pemerintah Kota Pasuruan melalui Dinas Sosial menyelenggarakan kegiatan Jalan Sehat dan Pawai Mobil Hias. Dengan mengusung tema “Berdaya, Mandiri, Setara Berkontribusi” kegiatan tersebut diikuti oleh para penyandang disabilitas serta masyarakat umum yang dipusatkan di Stadion Untung Suropati Kota Pasuruan pada Minggu, (10/12/2023) pagi.

Walikota Pasuruan Drs. H. Saifullah Yusuf (Gus Ipul) yang pagi itu berkesempatan memberangkatkan peserta jalan sehat menyebutkan bahwa kegiatan pada peringatan Hari Disabilitas Internasional ini menjadi bagian dari prioritas pembangunan keberlanjutan di Kota Pasuruan. 

“Pagi ini bersama-sama kita memperingati Hari Disabilitas Internasional Tahun 2023 di Kota Pasuruan. Ada beberapa prioritas di Kota ini dalam pembangunan 5 tahun maupun pembangunan setiap tahunnya yaitu memberikan prioritas kepada perempuan, anak-anak, lansia, dan saudara-saudara kita kaum difabel,” ujar Gus Ipul

Gus Ipul mengungkapkan bahwa Pemkot Pasuruan terus berupaya dalam penanganan dan pemenuhan hak penyandang disabilitas, membangun fasilitas umum dan pelayanan publik yang mudah untuk di akses para penyandang disabilitas agar dapat memiliki kesetaraan hak hidup. 

“Pemkot Pasuruan berusaha sekuat tenaga dengan wewenang dan anggaran yang ada mencoba untuk membangun akses sehingga kesetaraan pelayanan yang sama dan tidak membeda-bedakan bisa terwujud,” ungkapnya

Melalui kegiatan ini, Gus Ipul berharap dapat membangun kepedulian seluruh unsur masyarakat kepada saudara-saudara penyandang disabilitas. 

“Untuk itu, mari Bapak/Ibu sekalian lewat peringatan Hari Disabilitas Internasional ini diharapkan kita semakin peduli dan mampu memberikan akses kepada kelompok-kelompok rentan yang memerlukan perhatian kita“ pungkasnya

Para peserta tampak begitu antusias mengikuti jalan sehat yang melintasi sejumlah ruas jalan protokol di Kota Pasuruan dengan rute Jalan Pahlawan, Jalan Slagah, Jalan Diponegoro, Jalan Kusuma Bangsa dan kembali ke lokasi semula di Stadion Untung Suropati.

Pada momen ini, turut dihadiri Pengurus TP PKK Kota Pasuruan, para Kepala Perangkat Daerah, serta Forkopimda di Lingkungan Pemerintah Kota Pasuruan.

Check Also

Budi Doremi Meriahkan Gelaran Event Peresmian Gedung PLUT-KUMKM Kota Pasuruan

Dalam rangka memeriahkan peresmian gedung PLUT-KUMKM (Pusat Layanan Usaha Terpadu Koperasi Usaha Mikro, Kecil dan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *