Lumpia Sale Nisa Produksi Warga Purutrejo, Hasil Inovasi Produk Tradisional Menjadi Kekinian

Salah satu owner dari Lumpia Sale, Lilis warga Kelurahan Purutrejo Kecamatan Purworejo Kota Pasuruan menceritakan kepada tim liputan ramapati asal mula dirinya mulai memproduksi dan menjual makanan ringan yang sampai sekarang menjadi usahanya.

Berawal pada tahun 2012. Ide awal buka usaha muncul ketika Lilis ke pasar dan melihat pisang buah yang tergeletak sampai bertumpuk- tumpuk, dirinya kemudian tertarik untuk menanyakan harga pisang buah tersebut kepada penjualnya.

Pada waktu itu tahun 2012 masih Rp 600 rupiah, akhirnya terbesit dalam pikirannya untuk membelinya dan akan di olah di rumahnya. Lilis sendiri bersama keluarganya sebelumny memang sudah memproduksi pisang sale khas bandung.

Dalam perjalanan usaha Lumpia Salenya sendiri, menurutnya  merupakan produk makanan ringan terbuat dari pisang. Sementara proses pengolahannya pisang  dikeringkan dengan cara dijemur terlebih dahulu hingga teksturnya sedikit kering tapi tetap kenyal dan manis.

Kemudian pisang dibuat dengan cara  di potong tipis- tipis dan melilitnya dengan lumpia kemudian digoreng dan ditiriskan. Saat ini, Lumpia Sale yang diberi nama ‘Lumpia Sale Nisa’ inilah yang merupakan produk unggulan Lilis sampai sekarang.

” Pertama itu pisang yang sudah dikelupas kulitnya di jemur, kemudian dipotong tipis- tipis setelah itu dililitkan lumpia, digoreng dan terakhir di tiriskan,” ujar Lilis. Selasa (16/01/2024)

Untuk mempertahankan eksistensi usahanya, Lilis menambah beberapa varian yaitu Sale Pisang dan Lumpia Sale Karamel, produk tersebut sudah di jual di beberapa swalayan di Kota Pasuruan dengan harga jual Rp 15.000 per 150gram.

” Kalau mau beli dan penasaran sama rasanya, silahkan bisa cari di beberapa swalayan di Kota Pasuruan,” ungkapnya.

Sejak awal usaha hingga sekarang, semua pekerjaan dilakukan Lilis seorang diri, dengan pembuatannya masih menggunakan cara manual. Selain itu Lilis menerima pembelian online. Untuk wilayah yang pernah menjadi tujuan pengiriman Lumpia Salenya sendiri masih di area Jawa Timur.

Pembelian dapat juga datang langsung ke rumahnya yang terletak di Jl. Dr. Wahidin Sudiro Husodo Kelurahan Purutrejo Kecamatan Purworejo Kota Pasuruan. (Nur Aries)

Check Also

Keren! Bekas Carrefour Akan Dibuat Rest Area Bernuansa Arafah.

Pemerintah Kota Pasuruan berencana akan membuat rest area bernuansa Arafah di ex.Carefure yang berada di …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *