Beberapa Wilayah Kota Pasuruan Gelap Gulita, Ini Penjelasan PLN

Beberapa wilayah di Kota Pasuruan secara serentak gelap gulita atau yang biasa disebut dengan mati lampu. Pemadaman terjadi cukup lama pada Kamis malam, (30/05/24).

Penyebab pemadaman dikarenakan peralatan proteksi tegangan 20kv yang berlokasi di jalan Patimura ( depan Perum Bugul Permai) yang menyuplai listrik di sebagian wilayah Kota Pasuruan mengalami kerusakan.

Menurut Manager PLN ULP Pasuruan Kota Setyo Wibowo, butuh waktu untuk memindahkan suplay listrik 20kv melalui sumber lain serta melaksanakan pengamanan peralatan proteksi yang mengalami kerusakan.

” Kami atas nama PT PLN Persero UP 3 Pasuruan, ULP Pasuruan Kota menyampaikan permohonan maaf atas gangguan listrik yang terjadi di wilayah Pasuruan Kota malam ini,” ujarnya.

Menurut Setyo, PLN ULP Pasuruan Kota segera melakukan upaya perbaikan dengan langkah- langkah sebagai berikut:

  1. Mengidentifikasi lokasi kerusakan secara cepat dan akurat.
  2. Menyampaikan Informasi kepada masyarakat terkait gangguan yang terjadi pada kesempatan pertama
  3. Mengirim tim teknis ke lokasi untuk melakukan perbaikan.
  4. Melakukan penormalan secara bertahap untuk mengurangi resiko dan memastikan jaringan listrik kembali normal.

“ Alhamdulillah perbaikan dan pemulihan jaringan listrik berhasil diselesaikan dalam waktu kurang lebih satu jam tiga puluh menit dan listrik kembali normal pada pukul sembilan belas lewat lima belas,” ujar Setyo.

Sebagai langkah preventif menurut Setyo, guna menghindari gangguan serupa PLN selalu melaksanakan Pengecekan rutin dan pemeliharaan seluruh peralatan dan jaringan listrik., Peningkatan sistem pengawasan dan monitoring jaringan serta menekankan kepada petugas lapangan untuk selalu melaksanakan respon cepat dan efektif.

Setyo mengungkapkan bahwa PLN terus berkomitmen untuk terus meningkatkan layanan kepada pelanggan.

“Sekali lagi PLN mengapresiasi kesabaran dan pengertian masyarakat selama proses pemulihan. Mohon maaf atas ketidaknyamanan ini, kami berterima kasih atas dukungan dan kerja samanya,’ pungkasnya.

Untuk informasi lebih lanjut dan keluhan terkait gangguan listrik, pelanggan dapat menghubungi Contact Center PLN 123 atau melalui aplikasi PLN Mobile. (Angga)

Check Also

Mengenal Layanan Sedot WC dan IPLT Pemkot Pasuruan, Lebih Terjangkau, Yuk Manfaatkan!

-Mungkin masih banyak yang belum tahu bahwa Pemerintah Kota Pasuruan memiliki layanan yang berkaitan dengan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *