Semarak Gebyar Hardiknas 2024 di Kota Pasuruan, Gus Ipul Harap Peningkatan Mutu Pendidikan

Pemerintah Kota Pasuruan melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pasuruan turut memeriahkan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tahun 2024 dengan gelaran Gebyar Hardiknas yang berlangsung semarak, pada Senin (3/5/2024) bertempat di Gedung Kesenian Darmoyudo. 

Dalam rangkaian Gebyar Hardiknas ini, turut diselenggarakan karnaval bertajuk “Pasuruan Education Carnival 2024” yang diikuti oleh ratusan pelajar tingkat SD dan SMP se-Kota Pasuruan dengan mengenakan beragam pakaian adat yang ada di Indonesia seperti Jawa, Bali, Minang dan lain sebagainya sebagai salah satu wujud dari kecintaan terhadap budaya dan tradisi yang patut dilestarikan. 

Adapun rute karnaval dimulai dari Jalan Gajah Mada dan finish di Jalan Panglima Sudirman. Masyarakat terlihat tumpah ruah memadati sepanjang jalan hingga memasuki Gedung Gradika Bhakti Praja untuk menyaksikan beragam pertunjukan yang ikut ditampilkan. 

Dalam sambutannya saat membuka secara langsung kegiatan ini, Wali Kota Saifullah Yusuf (Gus Ipul) berharap adanya peningkatan mutu pendidikan di Kota Pasuruan. 

“Malam ini kita berkumpul ingin bersama menguatkan tekad agar dunia pendidikan kita khususnya di Kota Pasuran terus meningkatkan kualitas pendidikan. Mulai dari guru, murid, serta sarana dan prasarananya,” ujar Gus Ipul 

Menariknya, Wali Kota Pasuruan beserta jajaran Forkopimda serta tamu undangan lainnya tampak kompak mengenakan pakaian seragam sekolah pada momentum yang mengusung tema “Bergerak Bersama, Lanjutkan Merdeka Belajar” ini.

Bukan tanpa alasan, Gus Ipul menuturkan dengan dikenakannya pakaian sekolah sebagai tema busana pada Gebyar Hardiknas ini,  menjadi pemantik semangat untuk para pelajar dalam menimba ilmu. 

“Malam ini Dinas Pendidikan Kota Pasuruan mengundang kita duduk bersama dengan memberikan semangat lewat kostum yang kita kenakan yakni seragam sekolah, mulai PAUD, SD, SMP, dan SMA,” ucap Gus Ipul

Pada panggung Gebyar Hardiknas yang disoroti dengan lampu yang megah, para pelajar juga turut unjuk kebolehan dengan menampilkan kreasi pentas masing-masing melalui gerak serta lagu. 

Melalui kurikulum Merdeka Belajar ini, Gus Ipul ingin dunia pendidikan dapat lebih menyenangkan dan menggembirakan sehingga mampu berprestasi dan membawa kebermanfaatan sebagai bekal masa depan. 

“Saya ingin dunia pendidikan sebagaimana pesan-pesan yang disampaikan lewat video singkat, menjadi dunia pendidikan yang menyenangkan dan menggembirakan dengan Merdeka Belajar sehingga anak-anak kita memiliki semangat ganda untuk bisa mempersiapan diri menghadapi masa depan yang kita tau berbeda dengan apa yang kita hadapi hari ini,” ujarnya

Gus Ipul turut menyampaikan apresiasi dan ucapan terimakasih kepada Dinas Pendidikan dan segenap jajaran, Kepala Sekolah, para guru, komite sekolah, dan seluruh pihak yang mendukung dan memiliki kepedulian terhadap dunia pendidikan, terutama kepada para orang tua. 

“Terimakasih atas kerjasamanya selama ini, meskipun kita banyak kurangnya, namun segala usaha yang kita kerahkan untuk mengejar ketertinggalan yang mudah-mudahan membawa Kota Pasuruan nanti bisa setara dengan Kota Malang dan Kota Pasuruan,” kata Gus Ipul

Untuk diketahui, dalam Gebyar Hardiknas ini juga digelar kegiatan pameran Pendidikan Hardiknas 2024 yang memperlihatkan berbagai inovasi dan capaian dalam dunia pendidikan dengan adanya stand- stand dari Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) SDN, Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP, Ikatan Guru Taman Kanak-Kanak Indonesia (IGTKI), Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP), serta Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI).

Pada penghujung acara, masyarakat yang hadir juga dihibur dengan penampilan Cak Silo dengan aksi-aksi kocak di sepanjang pagelaran yang turut meramaikan rangkaian Gebyar Hardiknas 2024 di Kota Pasuruan. 

Check Also

Mengenal Layanan Sedot WC dan IPLT Pemkot Pasuruan, Lebih Terjangkau, Yuk Manfaatkan!

-Mungkin masih banyak yang belum tahu bahwa Pemerintah Kota Pasuruan memiliki layanan yang berkaitan dengan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *