Gedung PLUT-KUMKM Kota Pasuruan Terbuka Untuk Umum, Berikut Beberapa Fasilatasnya!

Sejak diresmikannya Pusat Layanan Usaha Terpadu Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (PLUT-KUMKM) Kota Pasuruan oleh Wali Kota Pasuruan Saifullah Yusuf (Gus Ipul). Bagaimana kondisi dan keberadaannya sekarang?

Sengaja tim liputan ramapati berkunjung ke gedung yang cukup megah di wilayah Gadingrejo ini dan disana langsung disambut oleh Kepala Bidang Usaha Mikro pada Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kota Pasuruan, Yudha Andre Asmara. Kamis (06/06/2024) siang.

Dari hasil pantauan dan bincang- bincang dengan Kabid. Usaha Mikro kali ini dapat disimpulkan keberadaan PLUT-KUMKM ini ternyata didalamnya sangat megah dan nyaman.

Di sana ada banyak produk-produk UMKM yang di display untuk masyarakat yang hadir, antara lain produk mebeler, mamin, craf dan hasil kerajinan yang lainnya.

Yudha mengatakan di PLUT-KUMKM ini juga menyediakan beberapa layanan diantaranya; konsultasi bisnis KUMKM, pendampingan usaha, pelatihan teknis dan manajerial, pemenuhan sertifikasi dan standarisasi produk, promosi dan pemasaran produk serta informasi pasar, pendataan KUMKM serta wirausaha dan masih banyak yang lainnya.

” Bagi masyarakat Kota Pasuruan yang membutuhkan beberapa layanan dari kami, silahkan datang langsung ke sini (PLUT-KUMKM) setiap jam kerja,” ujarnya.

Dengan hadirnya PLUT- KUMKM di Kota Pasuruan Yudha berharap agar sektor UMKM dan Koperasi bisa tumbuh dan berkembang terutama bagi para pelaku UMKM yang merupakan generasi milenial agar memperoleh bimbingan yang lebih baik.

“Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kota Pasuruan melalui Bidang Usaha Mikro akan memberikan bimbingan dan pendampingan serta fasilitasi layanan yang terintegrasi sebagai wujud transformasi digital,” ungkap Yudha.

Perlu juga diketahui bagi masyarakat Kota Pasuruan bahwasanya di gedung PLUT-KUMKM yang berlantai 2 ini banyak fasilitas yang disediakan.

Di lantai 1 ada ruang galery, dan 3 ruangan lainnya yaitu ruang pimpinan, ruang workshop dan gudang.

  1. Ruangan Galeri Produk KUMKM
    Ruangan khusus yang disediakan sebagai tempat unggulan produk-produk dan/atau komoditi yang diperkirakan memiliki potensi pasar yang luas, kehadiran galeri ini bertujuan agar mendukung fungsi PLUT-KUMKM agar dapat hadir di tengah-tengah masyarakat sebagai Rumah Promosi.
  2. Ruangan Workshop
  • Ruangan Media Center
    Ruangan ini difungsikan sebagai pengelola komunikasi dan informasi berbasis teknologi atau internet (ONLINE) yang dimanfaatkan untuk menghimpun, mengolah, menyediakan dan menyebarluaskan informasi bagi para Pelaku Usaha.
  • Perpustakaan atau Pustaka Entrepeneur (Multimedia)
    Berfungsi sebagai perpustakaan yang menyediakan bahan bacaan berupa buku, majalah, artikel, dan juga sebagai tempat Multimedia bagi para pelaku usaha.
  • Ruangan Co Working Space Ruangan yang digunakan oleh para pelaku usaha atau para pelaku ekonomi kreatif yang bekerja sendiri atau kelompok dengan memberikan lingkungan kerja yang saling berbagi peralatan, ide dan pengetahuan maupun pengembangan ekonomi kreatif yang sifatnya umum.

Di lantai 2 PLUT-KUMKM memiliki beberapa ruangan, antara lain;

  • Ruangan Konsultasi Usaha Mikro
  • Ruangan Konsultasi Koperasi
  • Ruang Inkubator Bisnis Kriya
  • Ruang Inkubator Bisnis Digital
  • Ruang Inkubator Bisnis Kuliner
  • Idea Room Fun Space
  • Ruang Aula Rapat yang berkapasitas kurang lebih 40 orang
  • Ruang Tunggu
  • Ruang Kantin/ Pojok Cafe
  • Ruang Pengelola

Check Also

Semarak Gebyar Hardiknas 2024 di Kota Pasuruan, Gus Ipul Harap Peningkatan Mutu Pendidikan

Pemerintah Kota Pasuruan melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pasuruan turut memeriahkan Hari Pendidikan Nasional …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *