SEMARAK RAMADHAN 1444 H, RATUSAN PEMUDA RAMAIKAN LOMBA MUSIK PATROL RESIK RESIK

Semarak dibulan suci Ramadhan 1444 H, Karang Taruna Kecamatan Purworejo Kota Pasuruan menggelar Lomba Musik Patrol Resik resik dengan tema “Digdaya dan bersinergi” berlokasi di GOR Untung Suropati Kota Pasuruan, Jum’at malam. (31/3/2023)

Dalam ajang kompetisi ini diikuti 18 regu patrol yang terdiri dari 14 regu dari Kota Pasuruan, 2 regu dari Kabupaten Pasuruan dan 2 regu dari Blitar yang dilaksanakan selama dua hari tanggal 31 maret sd 1 april 2023.

Nilai harmonisasi yang terkandung dalam seni musik ini menjadi unsur melatarbelakangi ajang lomba Patrol. Musik patrol identik dengan bulan Ramadhan dan lagu resik resik identik dengan bersih kotanya. Patrol inilah yang biasanya membangunkan kita disaat sahur dan merupakan elemen musik tradisional.

Malam ini masyarakat dari berbagai usia tumpah ruah di GOR Untung Suropati dengan begitu antusias dan juga tingginya animo masyarakat untuk menyaksikan event tersebut.

Sebelum sambutan Wali Kota Pasuruan kegiatan diawali dengan menampilkan Tarian Sekar Palapa yang menunjukkan tarian tiga etnis diantaranya cina, madura dan jawa.

Dalam kesempatan sambutan Gus Ipul memberikan apresiasi kepada Karang Taruna Kecamatan Purworejo yang menyelenggarakan ajang lomba patrol.

“Kehadiran saya kesini memberikan rasa hormat dan apresiasi kepada Karang Taruna Kecamatan Purworejo yang mempunyai semangat untuk menyelenggarakan lomba patrol diikuti Kota Pasuruan, Kabupaten Pasuruan dan Blitar,” ujarnya

Gus Ipul menambahkan bahwa bangunan GOR ini telah direnovasi.

“GOR ini habis direnovasi banyak kegiatan yang dilaksanakan secara Indoor, suara dan akustiknya juga cukup baik, saya sudah dua kali mengikuti event di GOR acaranya rame dan sukses, ini bisa menjadi inspirasi bagi kita semua,” tambahnya

Menurutnya bahwa setiap negara banyak cara yang dilakukan untuk mengiringi bulan ramadhan yang telah menjadi gaya hidup dan budaya negaranya sendiri.

“Kita bersyukur anak muda sekarang masih meneruskan tradisi patrol yang masih dipelihara dan dilombakan sehingga tidak akan punah seiring dengan kemajuan jaman,” katanya

Gus Ipul mengharapkan kegiatan lomba patrol ditahun depan dapat dibuat lebih besar dan meriah dengan perencanaan yang lebih baik dan matang.

Hadir dalam kegiatan Wali Kota Pasuruan Saifullah Yusuf (Gus Ipul), Ketua DPRD, Forkopimda, Ketua MPKT Kecamatan Puworejo, Ketua Anshor, Kepala Perangkat Daerah, Camat, Lurah dan diikuti peserta lomba patrol dan warga Kota Pasuruan. (rmd)

Check Also

Budi Doremi Meriahkan Gelaran Event Peresmian Gedung PLUT-KUMKM Kota Pasuruan

Dalam rangka memeriahkan peresmian gedung PLUT-KUMKM (Pusat Layanan Usaha Terpadu Koperasi Usaha Mikro, Kecil dan …